20 Agustus 2009

Hacking Facebook (sebuah antisipasi) Bag. 1

Untitled-2 copy Hacking facebook, entah siapa yang memulai, agaknya sudah mulai merebak dibahas oleh kalangan di dunia inet (baca : maya), mungkin karena pertumbuhan pengguna facebook yang semakin pesat (konon melebihi social networking yang lain). Apabila kalian melihat traffic Google Indonesia, kata kunci yang paling sering dicari akhir-akhir ini adalah facebook (selain bokep dan penghasil uang cepat, tentunya). Saya akan mencoba membahas sedikit tentang apa itu dan bagaimana kita menjadi lebih berhati-hati dalam melindungi privasi kita dari serangan orang jail (saya tidak akan menggunakan istilah hacker disini, karena hacker bukanlah orang jail yang dengan sengaja '”membunuh” kesenangan orang awam di dunia inet dengan keisengan mereka) yang mencoba nge-hack atau merubah isi dari akun kita, ataupun memanfaatkan informasi dari kita untuk melakukan tindakan yang jelas-jelas akan merugikan kita.

 

1. Social Engineering

Metode yang paling sering digunakan oleh seorang yang akan mencoba mengambil data dari sang korban. Ingatlah bahwa di dunia inet tidak ada hal yang aman, bahkan sangat berbahaya apabila anda mempunyai identitas di dunia inet. Metode ini paling sering digunakan karena “terlalu” mudah bagi kita (korban) untuk percaya terhadap seseorang yang menanyakan “siapa” diri kita. Misal, anda mempunyai akun di facebook, di situ anda cenderung menerima permintaan pertemanan dari orang tidak anda kenal. Dari situ sang korban tidak sadar bahwa sebagian identitas dari anda telah mereka (orang iseng) curi.

Saya memiliki pengalaman, bahwa sebagai orang yang dipercaya oleh teman, saya bahkan memiliki hampir 10 akses penuh ke akun facebook mereka (saya belum pernah mencoba mengakses akun yang lain dari teknik ini). Social engineering merupakan sebuah tindakan yang dikenal dengan istilah “sok kenal sok dekat”, saya (orang iseng) berpura-pura baik dengan menjalin hubungan dengan anda (korban), dan tanpa sepengetahuan anda secara tidak sadar saya mendapatkan akses privasi anda.

Disini saya akan memberikan sebuah cara yang sering digunakan oleh orang iseng yang memanfaatkan kelengahan anda pada saat browsing di dunia maya.

 

  1. Jangan pernah lupa untuk membersihkan jejak anda pada saat anda selesai mengunjungi situs aman, meskipun anda browsing menggunakan komputer atau notebook pribadi anda. (dari pengalaman, 6 orang korban saya adalah pengguna internet rumahan yang selalu menyimpan password dan username mereka di dalam komputer atau notebook pribadi mereka). Tool yang bisa dipakai CCleaner, atau bagi pengguna Mozilla Firefox gunakan (pada tab menu) Tools, Clear Private Data atau Clear Recent History (pada pengguna Firefox 3.5 disarankan untuk menggunakan fitur Private Browsing).
  2. Gunakan “On Screen Keyboard” bawaan Windows atau software third-party untuk memasukkan username dan password anda (Untuk pengguna windows, masuk start - all program – accessories – accessibility - on screen keyboard) untuk menghindari kemungkinan dipasangnya keylogger (pencatat tombol) yang akan mencatat semua tombol yang anda tekan.
  3. Pastikan firewall anda terpasang dengan baik (meski bawaan windows sangat buruk, namun masih bisa diandalkan untuk mencegah data anda dicuri dari luar).
  4. Pastikan anda menon-aktifkan fitur “remember password” pada browser yang anda gunakan.Pengguna Firefox bisa menon-aktifkan melalui Tools, Options, pada tab Privacy bagian “Firefox will :” anda bisa memilih  “never remember history” dan pada tab Security bagian password, anda bisa uncheck pilihan “Remember Password for Sites” kemudian klik OK. Apabila pertanyaan untuk mengingat password masih keluar, anda tinggal memilih untuk tidak mengingatnya.
  5. Selalu kosongkan “Recycle Bin” (file yang kita buang kadang memuat informasi yang berharga bagi si iseng).
  6. Sangat dianjurkan untuk menggunakan Internet Security yang handal (saya menggunakan Kaspersky 2010), bisa Googling untuk menentukan siapa yang paling handal dalam melindungi privasi anda di dunia maya.
  7. Jangan pernah percaya pada “Crack” dan “Patch” yang selalu menyertai pada software bajakan anda. Belilah yang asli atau anda mencoba cracking sendiri untuk lebih aman, atau request serial number kepada cracker yang anda kenal. Pengalaman saya, keisengan pemecah kode software seringkali menimbulkan masalah bagi kita sebagai pengguna awam. Saran, gunakan Open Source, apabila masih bingung dalam menentukan, kunjungi OSALT (Open Source Alternatif) untuk menentukan pengganti software berbayar anda.
  8. Jangan menutup diri anda dari perkembangan teknologi dan informasi, karena semakin anda “gagap akan teknologi”, anda akan semakin mudah menjadi bagian dari serentetan korban jail dari sekelumit orang.
  9. Bergabunglah dalam forum yang membahas mengenai Internet Security, dan galilah informasi serta tanyakan pertanyaan anda kepada member yang lebih senior.
  10. NEVER TRUST ANYMORE TO THE FRESH GUY (jangan percaya kepada orang yang belum anda kenal).

Sedikit tips dan trik yang memperkecil kemungkinan orang iseng mencuri atau menjaili anda di dunia maya semoga semakin melindungi privasi anda. Bagian kedua akan membahas beberapa tool yang sering digunakan untuk mengacaukan sistem komputer anda, sehingga akan mudah disusupi dari luar, kemungkinan akan ganti judul postingan neh, hehe…

 

Tag: hacking facebook, iseng facebook, facebook, mencuri password facebook, tutorial hacking, tutorial hacking facebook, mencegah hacking facebook, tips hacking facebook, trik hacking facebook, tips dan trik hacking facebook, antisipasi hacking, internet security, facebook hacking, tutorial facebook hacking, membobol facebook

salam.

5 comment:

Wong Keren mengatakan...

keren,membantu banget gan...

Haris Pradipta mengatakan...

setuju, NEVER TRUST ANYMORE TO THE FRESH GAY (jangan pernah percaya pada pria homo yang segar)

Anonim mengatakan...

mantap

Anonim mengatakan...

thank thank (Y)

aizat mengatakan...

maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang Cracker
berikut linknya :
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3079/1/97.pdf
semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

Template by : deepabiss x-template.blogspot.com