21 Agustus 2009

Padusan dalam Tradisi Masyarakat Jawa

Untitled-1 copy Sebelum memasuki bulan Ramadhan, ada sedikit tradisi unik yang berkembang di masyarakat Jawa (khususnya Jawa Tengah dan D.I.Jogjakarta), yakni padusan. Budaya padusan merupakan budaya mandi besar yang dilakukan secara bersama-sama oleh sebagian besar masyarakat yang menganut agama Islam, yang dilaksanakan di tempat-tempat umum, seperti sendang, air terjun, belik, dan tempat lain yang memungkinkan untuk dilakukannya ritual padusan. Budaya padusan sendiri berkembang menjadi sarana rekreasi menjelang datangnya bulan Ramadhan. Sejarah mengenai awal kemunculan istilah padusan sendiri, saya kurang tahu, dan saya akan mencoba mengidentifikasi dari segi bahasa.

Padusan berawal dari kata adus yang berarti mandi dalam bahasa Jawa. Padusan sendiri memiliki arti sebagai tempat untuk mandi, entah bagaimana ceritanya hingga berkembang menjadi sebuah nama tradisi. Ada kemungkinan pada jaman dahulu orang-orang yang akan melakukan mandi besar biasa melakukannya di tempat umum seperti belik, sendang, dan air terjun, dan ketika mereka bertemu orang di jalan, mereka ditanyai “arep neng ngendi, paklik?” (mau kemana,om?), dan dijawabnya dengan enteng “arep neng padusan” (mau ke tempat mandi), dan seiring dengan berkembangnya keragaman bahasa, kata “arep neng padusan” tadi hanya menjadi “arep padusan” yang apabila generasi sekarang memaknai sebagai sebuah nama tradisi yang dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadhan (mau padusan).

Sedikit identifikasi dari secuil pengetahuan saya mungkin akan sedikit mewarnai tradisi padusan yang berkembang di masyarakat Jawa.

 

Saya, secara pribadi sekaligus mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan bagi teman-teman yang menjalankannya, semoga ibadah kita diterima oleh Allah swt. Saya mohon maaf apabila selama ini terdapat sejumlah tulisan yang mungkin kurang berkenan. Semoga dengan datangnya bulan Ramadhan, kita semakin menjadi pribadi yang baik. Amiin.

 

tag: padusan, ramadhan, bulan ramadhan, ritual padusan, budaya padusan, padusan jawa, masyarakat jawa, ritual sebelum puasa, ritual sebelum ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa

 

N.B: CMIIW (correct me if im wrong)

1 comment:

Ardhiansyam mengatakan...

identifikasinya keren sob, saya juga bingung menyebutnya apa (ra ngerti maksute :D), sebut saja pergeseran kosakata atau istilah sebagai akibat dari suatu tradisi.

Selamat menunaikan ibadah puasa juga sob :)

Posting Komentar

Template by : deepabiss x-template.blogspot.com