09 Juli 2009

(Lagi-lagi) plastik ...

Siang ni aku beli pentol ojek di tempat pak Ali yang sudah sejak aku masih SD masih setia berjualan pentol ojek. "Pak, tumbas sewu gangsalatusan, kalih..", artinya mungkn gini, pak, beli 1500-an, dua. Yep, 2, untukku dan Ratna, nama cewek aku. Dibungkus, dimasukkan kantong plastik hitam (biar gak keliatan dari luar kali), trus pulang. Di jalan, aku menggumam, kenapa kok setiap makanan berkuah pasti dibungkusnya pake plastik. Kemarin malam aku beli bakso juga gitu, dibungkus plastik. Gak ada yang aneh memang. Cuman, butuh waktu 1000 tahun buat jadiin sampah plastik ke bentuk yang bisa diterima oleh tanah. Padahal, plastik udah dikembangkan sejak abad ke 20.
Berarti sudah seabad kita menggunakan plastik. Pada tahun 30-an, penggunaan sampah plastik "hanya" beberapa ratus ton per tahun. Pada 2005, di Amerika setiap orang pertahun "mengantongi" plastik sampai dengan 80kg. Wow, bagaimana dengan Indonesia? Hmmm,sehari ini aja aku udah pake 1,2,3 yach, 3 sampah plastik terbuang dan mencemari bumi ini. Gimana kalo seminggu???sebulan???setahun??? Waduh, bisa banyak banget tu...
Sebenarnya seh ada alternatif pengganti plastik, yakni kertas atau kain. Cuman, 2 benda tersebut belum mampu menahan rembesan air, jadi untuk pembungkus bakso, soto, dan kuah-kuahan masih menggunakan plastik.
Ugh,pernah denger BioBag???atau, Ecoplas??? yap, tu adalah sejenis bahan yang mudah terurai oleh tanah. Hanya membutuhkan waktu 10 minggu untuk menjadikan sampah plastik dari bahan ini untuk bisa dicerna oleh perut bumi. Bayangka dengan plastik biasa yang sampai 1000 tahun!!! asal tahu aja yach, ni kantong 50% berasal dari tepung singkong dalam negeri!! Dan, pembuatannyapun hemat bahan bakar. So, masih suka pake plastik???

0 comment:

Posting Komentar

Template by : deepabiss x-template.blogspot.com