21 Agustus 2009

Ubah Metadata Foto Anda

Apa itu metadata? mungkin saya tidak berkompeten membahas apa itu metadata, Om Suryo mungkin lebih tau apa itu metadata, buat apa fungsinya, dan dapat uang berapa dari metadata (hehe). Secara sederhana, saya akan mencoba memberikan pencerahan sedikit (banget), metadata merupakan identitas sebuah file digital yang menempel pada saat file itu dibuat. Hal yang sering kita dengar mengenai metadata adalah tentang Om Suryo, gambar digital, foto, video mesum, kasus selebriti, dan semua tetek bengek yang bisa di publikasikan oleh media.

Saya akan mencoba memberikan sedikit langkah antisipasi menghadapi orang yang sok tahu memvonis bahwa foto anda adalah asli atau palsu hanya dari sebuah data yang bisa diubah sesuka kita. Caranya mudah, ubah apa yang namanya metadata dari file (dalam hal ini, foto) anda.

 

Langkah pertama adalah siapkan sebuah foto yang memiliki kelengkapan data seperti gambar berikut :untitled

untuk melihat properties, bisa dilakukan klik kanan pada gambar, properties, kemudian pilih tab summary, anda pilih advanced, dan gambar diatas adalah hasil dari pembacaan metadata. Perhatikan pada bagian Creation Software, disitu dengan jelas bahwa telah dilakukan pengeditan dengan menggunakan Adobe Photoshop CS pada Operating System Windows. Seharusnya, apabila gambar tersebut “normal” yang terjadi adalah :

untitled

Dengan melihat hasil tangkapan diatas, Om Suryo akan langsung bilang bahwa foto tersebut adalah palsu, karena telah mengalami pengeditan. Vonis yang cukup menjengkelkan bukan? karena kita mungkin melakukan sedikit editan agar foto kita nampak lebih jelas dengan menggunakan software Photoshop. Kita bisa mengedit metadata tersebut dengan sedikit bantuan program Hex Editor (pakai hex editor “merk” apa saja bisa) dan sedikit kreatifitas kita.

Pada tutorial ini saya memakai HexEdit buatan MiTeC (Download), yang memiliki tampilan GUI sebagai berikut:

1Setelah anda membuka program Hex Editor, anda bisa langsung membuka file foto anda, sehingga akan didapatkan angka-angka hexadecimal yang cukup rumit seperti gambar di bawah :

2

Anda bisa melihat data yang akan dirubah setelah menggeser slider ke arah kanan (pada program editor lain mungkin tanpa perlu geser slider), di situ kita bisa dengan bebas melakukan pengeditan dengan cara replace atau mennganti karakter yang telah ada dengan yang baru. Ingat, hanya mengganti, bukan menambah atupun mengurangi, karena akan berakibat rusaknya file kita. Kita mencoba ganti kata-kata Adobe Photoshop menjadi 1.00

3

[Sedikit kreatifitas akan membantu anda], ganti kata pertama Adob menjadi 1.00, lalu pilih huruf e pada kata Adobe, perhatikan pada angka hexadecimal di sebelah kiri, ganti angka-angkanya dengan 0 sampai pada angka 6 pada 2006. Sampai disini langkah kita selesai. Cukup mudah bukan???

Simpan hasil editing dan cek apakah gambar kita masih bisa dibuka ;-), kemudian cek pada properties gambar. Bisa gak ya si ahli metadata memvonis gambar ini????

 

Thanks to member of kaskus (sorry, i forgot your nickname).

 

tag: metadata, roy suryo, mengubah metadata foto, edit metadata foto, merubah metadata foto, metadata foto, hex editor, hexadecimal, photoshop, adobe photoshop cs, ubah metadata foto

NB: CMIIW (correct me if im wrong)

7 comment:

Haris Pradipta mengatakan...

postingan'e abot banget. moco sampek gak mudeng. aku kirim message ning FB, bang. biasa, nyuwun tulung...

Anonim mengatakan...

Tq bro...
situs ini sangat membantu

Anonim mengatakan...

siip very thnks

anonim mengatakan...

waw.. mantab mas broo.. ijin menyimak.. ^_^

Radhitya mengatakan...

Top markotop....

paijo mengatakan...

kalo mao masukin script kedalem gambar gimana caranya gan?.

Anonim mengatakan...

MiTeC nya upload lgi dunnnkk ?

Posting Komentar

Template by : deepabiss x-template.blogspot.com